Jumat, 19 September 2008

waktu di Losari...

senyum mereka palsu

ok,
kali ini ngomong rada ilmiah aja yah, (tuntutan tugas arkeo pubik uy!) heehheee..
hasil kemaren pas diambang liburan selese, dari Losari.
ada Pak Badri, ada salak, dan ada CANDI LOSARI.
kemaren kebetulan gue ikutan penggalian situs candi Losari, yang ngadain Balai Arkeologi Yogyakarta atas kerjasama dengan Yayasan Tahija Jakarta.

jadi ceritanya gue lagi kena schizophren sessaat dan ga akan keulang lagi. jadi ceritanya malah kaya wawancara ga mutu trus yang nanya ma jawab gue lagi.
hehehe..



T: so, gimana tadinya tuw?
J: pak Badri adalah seorang petani salak dan juga seorang guru. Awalnya, keberadaan candi ini sudah menjadi pembicaraan orang sekitar, tapi yaaa cuma sekedar pembicaraan aja, ga ada gembar-gembornya, tapi yang jelas warga sekitar (orang-orang tuanya) dulu nyebut sawah tempat kebon salak Pak Badri itu “Sawah Candi”.
Pak Badri waktu itu mau buat saluran air (kaya parit gitu) di tengah kebon salaknya, singkat kata, itu pertama kalinya Pak Badri nemuin batu-batu reruntuhan candi...
Trus batu-batu ntu dibawa ke rumah Pak Badri deh, bwt “diamankan”.
dirumahnya, Pak Badri nyoba nyusun batuan-batuan candi itu yang ternyata adalah atap dari candi.

ada candi di bawah tanah


T: tar dulu, Losari itu dimana?
J: oyah lupa,
Losari itu nama salah satu dusun di Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. tempatnya ga jauh dari perbatasan Jogja-JaTeng arah Magelang-Sleman.

T: koq bisa ada candi di Losari?
J: yup. karena lokasi candi Losari ini deket ama kompleks Situs Borobudur, yaa kira-kira jaraknya dari Borobudur itu 13 km. dan disinyalir candi Losari itu merupakan candi yang berada dalam suatu konteks peradaban Jawa Kuna dengan Borobudur sebagai pusatnya.
dan juga, letaknya yang merupakan lereng dari G. Merapi. subur. juga banyak ditemukan situs-situs kepurbakalaan di sekitar Losari itu yang tipikal.

T: lanjut, candi Losari itu gimana? ceritain...
J: ternyata, tumpukan reruntuhan candi yang ditemuin ama Pak Badri itu adalah atap dari candi perwara 1, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya badan candi di bawah lapisan tanah sedalem kira-kira 6-7 meter dan badan candi dengan ukirannya relatif sangat utuh. candi ini bernafaskan Hindhu, karena ada ratna-nya.
karena yang ditemukan (masih) diduga sebagai candi perwara, maka masih ada 3 candi lainnya, candi perwara 2-3 ama candi induk. (biasanya, merujuk pada candi ijo, kalo ada candi perwara, brarti candi perwara itu ada 3, candi perwara yang pertama yang paling utara adalah candi garuda yang merupakan wahana Dewa Wishnu, candi ke-2 itu candi Nandi wahananya Dewa Shiwa, dan yang terakhir candi Angsa wahananya Dewa Brahma)
oyah, candi pertama yang ditemuin ini menghadap ke barat, jadi candi induk ada di sebelah barat dan menghadap ke timur, dan untuk mencari 2 candi wahana yang lain itu ada di arah utara dan selatan.
pencarian pertama, tim ekskavasi candi Losari mencari ke arah utara dengan bantuan alat Goelistrik, dan alhamdulillah, ga kebukti ada temuan candi di arah utara. akhirnya Pak Baskoro (ketua tim Ekskavasi) memutuskan untuk membuat layout kotak galian ke arah selatan.


T: bentar bentar, sistem penggaliannya gimana?
J: ga pake spit, ga pake grid. ga utara-selatan.
cuma pake sistem parit mengikuti bentuk lahan kebon salaknya Pak Badri.
kejar struktur istilah kerennya.

T: lanjutin...
J: bentar nyong, ngetik itu cape!


J: niy yah, ternyata keputusan Pak Baskoro itu bener-bener tepat guna.
soalnya, kira-kira dengan jarak 6 meter ke arah selatan dari temuan candi perwara yang pertama itu, ditemukan rahang atas kepala Kala juga beberapa Antefik di kedaleman kurang lebih 180cm. trus dengan jarak yang sama pula dari temuan kepala Kala itu, ditemukan lagi candi perwara ke-3 berupa runtuhan atap candi yang juga relatif masih utuh dengan kedaleman 180cm.

ini lho candi perwara ke-2, lengkap ama bonusnya.hehe..

T: cadas! trus temuan lainnya?
J: emang cadas! temuan lainnya, emm.. sebelum itu teori ada 3 candi perwara itu kan bener ternyata, trus buat kotak lagi deh ke arah barat. eh bener aja, dengan jarak yang simetris dari candi perwara ke-2 kira-kira 10 mter-an deh (sorry ga tau persisnya berapa) ditemuin lah itu runtuhan candi induknya. masi tertata rapi. ada relief gajahnya lho. ada juga arca Nandiswara (eh bener ga tuw Nandiswara, waktu pertama ditemuin siy kata mas Wavin itu Nandiswara)

arca nandiswara kata mas wavin. nah ini mas wafin di bawah.


reruntuhan candi induknya.. si yoses mana yah?

T: jadi bener dong candi Losari itu terdiri dari 3 candi perwara dan candi induk?
J: dasar retoris.
jelas jelas....jelas jelas! oyah, diperkirakan dari seni hiasnya, candi Losari dibangun pada abad ke 8-9 M.

relief gajah di reruntuhan candi induk

ini kotak galian candi perwara ke-3, keren. gue ma dyah yang ngurus ini. ehmehm.

T: kondisi saat ekskavasi kemaren gimana?
J: AJIP! berhubung gue ikut gelombang ke-2, enak banget, ga kepanasan, soalnya di tengah-tengah kebon salak nan rindang bak rembulan (halah!) tapi yang ikut gelombang ke-1 siy katanya pada kepanasan gitu, soalnya meskipun ada ditengah kebon salak juga, tapi salaknya masi pada kecil-kecil, kaya baru ditanem kemaren sore.
kondisi tanahnya...
BEDEUHHH! keras banget.

T: koq bisa keras banget?
J: lapisan tanah humusnya siy ga masalah, tapi uda masuk ke lapisan Padas Curi (sebutan lokal endapan vulkanik yang menimbun candi Losari), itu tenlok ngegali pake linggis ma pahat. padahal setau gue, yang namanya gali tanah itu pake cangkul ma sekop deh. sampe-sampe pas lagi ngegali itu keluar percikan api dari gesekan tanah dengan linggis.
lapisan Padas Curi ini merupakan endapan vulkanik G. Merapi yang berupa campuran dan padas-padas batu dan kerikil yang keras sekali. ada teori-teori yang bilang kalo endapan ini merupakan lahar dingin yang menimbun candi lewat jalur lelehan lahar Merapi ada juga kalo endapan ini berasal dari endapan pyroclastic Merapi.

liat tuw linggis!

5cm kubik abis itu tangan gue lecet-lecet

T: ooowwhhhh... gitu.. kesan selama disana gimana niy?
J: menyenangkan! bisa ikut penggalian ini. bisa nginep di rumah Pak Badri seminggu. bisa hidup enak disana tanpa keluar duit. bisa dapet pengaleman. bisa ekskavasi tanpa kepanasan. bisa masup tv. bisa ngasi tau pembaca kalo di Losari ada candinya. bisa ngerasain jadi arkeolog itu kaya gini. meneliti, menginterpretasi, mempublikasi.


gila kan gue?

ada saat dimana gue ngerasain pengaleman bolak balik keluar masuk kampung orang, bwt survey potensi daerah yang berdekatan ama candi Losari.
enak lho,
hal pertama harus nyari rumah kepala dusun.
trus disuguhin minum. pernah makan. padahal pas brangkat dari besecamp uda makan banyak. bodo ah. seneng koq. hehehe..

survey apa numpang makan?

tanya potensi, ada tempat apa yang dikeramatkan (karena hubungannya tempat keramat biasanya nyangkut ama benda purbakala)
dan hsil dari survey yang berkaitan dengan Cultural resourches management yang juga desas desusnya kalo daerah di sekitar desa Salam itu mw dijadiin desa wisata gitu. adalah.
gimana kesiapan masyarakat setempat.

kata pak dukuh-nya Losari...

sayang banget, kurangnya sosialisasi dari Pemda setempat ke masyarakat menyebabkan kurang siapnya masyarakat dijadikan wilayahnya sebagai desa wisata.
masyarakat belum tau konsep desa wisata itu seperti apa.
ironosnya, SK desa wisata itu uda turun lagi.
ckckck.
sebuah pelajaran.


haaaah.
niy sepotong foto-foto...
maman dengan cita-cita mulia-nya















itu gambar kala apa doraemon? mas wavin kayanya mw ikutan dibungkus tuw..

Tidak ada komentar: